Kampus D3-Cilibende, Jl. Kumbang,Cilibende

Kampus Diploma IPB-Cilibende.

Kampus S2-S1 Ekstensi BaranangSiang, Jl. Padjajaran

Kampus IPB BaranangSiang.

Kampus Dramaga IPB-S1 Reguler

Kampus Dramaga IPB.

Kampus S3 Gunung Gede

Kampus Gunung Gede S3 MB-IPB, Jl. Padjajaran.

Rektor IPB

Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, Msc.

Selasa, 08 November 2011

If dalam fungsi


/*
Buat sebuah program untuk menghitung besarnya diskon yang diberikan atas sejumlah pembelian.
Ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut:
          (1) Belanja dibawah Rp 100.000 tidak dapat diskon
          (2) Belanja mulai Rp 100.000 sampai Rp 500.000 mendapatkan diskon 10%
          (3) belanja lebih dari Rp. 500.000 dapat diskon 15%.

Program yang Anda rancang harus terdiri dari 2 fungsi yaitu main() dan potong().
Besarnya belanja diinputkan di fungsi main().
Data belanja diteruskan ke fungsi potong() untuk dihitung besarnya diskon yang didapatkan.
Besarnya uang yang harus dibayar dihitung di fungsi main().

Sebagai output:
        Total Belanja         :.....
        Diskon                :.....
        Uang yang dibayar     :.....
      
*/

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
float potong(float Total_Belanja);

main()
{
      float Total_Belanja,Diskon,Uang_Bayar;
    
      printf("Total Belanja\t: Rp. ");
      scanf("%f",&Total_Belanja);
    
      Diskon=potong(Total_Belanja);
      Uang_Bayar=Total_Belanja-Diskon;
    
      printf("\nDiskon\t\t: %.2f",Diskon);
      printf("\nUang Bayar\t:Rp. %.2f",Uang_Bayar);
    
      getche();
      return 0;
}
float potong(float Total_Belanja)
{
      float Diskon;
    
      if(Total_Belanja<100000)
      {
      Diskon=0;
                   }
      else if(Total_Belanja<500000)
      {
      Diskon=0.1;
      }
      else
      {
      Diskon=0.15;
      }
      return Diskon*Total_Belanja;
}

Penggunaan Protype


#include<stdio.h>
float luas(float);//prototype : rancangan dari fungsi (sunnah)


main()
{
      //variabel Lokal
    float luas_a,sisi;
  
    //Mencetak Variabel Lokal
      printf("\nSisi Bujur Sangkar=  ");
      scanf(" %f",&sisi);
    
    //menyimpan nilai fungsi ke dalam suatu variabe
    luas_a=luas(sisi);
  
    //Mencetak variabel lokal
    printf("\n\n Luas Bujur Sangkar = %10.2f\n",luas_a);
  
  
    getche();
    return 0;
}

//Fungsi menentukan luas bujur sangkar
float luas(sisi_b)
float sisi_b; //tipe data untuk argumen
{
      //Variabel Lokal
      float luas_b;
    

      luas_b=sisi_b*sisi_b;
      return(luas_b);
}

Contoh Permainan Fungsi dengan 1 argumen



#include<stdio.h>
//Variabel Global
int i=10;

main()
{
      //variabel Lokal
    float luas_a,sisi;
  
    //Mencetak Variabel Lokal
      printf("\nSisi Bujur Sangkar=  ");
      scanf(" %f",&sisi);
    
    //menyimpan nilai fungsi ke dalam suatu variabe
    luas_a=luas(sisi);
  
    //Mencetak variabel lokal
    printf("\n\n Luas Bujur Sangkar = %10.2f\n",luas_a);
  
    //Mencetak Variabel Global untuk pembuktian bisa/tidak di cetak di fungsi main
    printf("\nCetak nilai i pada fungsi main= %d",i);
  
    getche();
    return 0;
}

//Fungsi menentukan luas bujur sangkar
luas(sisi_b)
float sisi_b;
{
      //Variabel Lokal
      float luas_b;
    
      //Mencetak Variabel Global untuk pembuktian bisa/tidak di cetak di fungsi luas
      printf("\nCetak nilai i pada fungsi luas= %d",i);
      luas_b=sisi_b*sisi_b;
      return(luas_b);
}


mennetukan luas bujur Sangkar dengan permainan fungsi di Bahasa C


/*
Buatlah program menggunakan fungsi
Program untuk menghitung luas bujur sangkar
Input
     Sisi:.....

Output
      Luas:....
*/

#include<stdio.h>
int main()
{
    float luas_bujursangkar;
  
    /*menyimpan nilai fungsi ke dalam suatu variabe*/
    luas_bujursangkar=luas();
  
    printf("\n\n Luas Bujur Sangkar = %10.2f",luas_bujursangkar);
  
    getche();
    return 0;
}

/*Fungsi menentukan luas bujur sangkar */
luas()
{
      float sisi,luas_bujursangkar;
      printf("Sisi Bujur Sangkar=  ");
      scanf(" %f",&sisi);
      luas_bujursangkar=sisi*sisi;
      return(luas_bujursangkar);
}



/*Bisa penjelasan sebagai berikut:
#include<stdio.h>
//Variabel Global
int i=10;

main()
{
      //variabel Lokal
    float luas_a;
  
    //menyimpan nilai fungsi ke dalam suatu variabe
    luas_a=luas();
  
    //Mencetak variabel lokal
    printf("\n\n Luas Bujur Sangkar = %10.2f",luas_a);
  
    //Mencetak Variabel Global untuk pembuktian bisa/tidak di cetak di fungsi main
    printf("Cetak nilai i pada fungsi main= %d",i);
  
    getche();
    return 0;
}

//Fungsi menentukan luas bujur sangkar
luas()
{
      //Variabel Lokal
      float sisi,luas_b;
    
      //Mencetak Variabel Lokal
      printf("Sisi Bujur Sangkar=  ");
      scanf(" %f",&sisi);
    
      //Mencetak Variabel Global untuk pembuktian bisa/tidak di cetak di fungsi luas
      printf("Cetak nilai i pada fungsi main= %d",i);
      luas_b=sisi*sisi;
      return(luas_b);
}
*/

Output Koding Pertama:

Output Koding Kedua:

FUNGSI PADA BAHASA C


/*struktur fungsi

main()
{
    
}

argumen untuk menampung nilai-----> argumen berisi di dalam kurung ()

contoh :
       main()
       {
             int nilai1,nilai2,hasil;
             hasil-nilai1+nilai2;-----> jika tidak ada argumen (tidak perlu)
             printf("Hasilnya adalah : %d".hasil);
             cetak(hasil);
             system("pause");
             }
definisi fungsi
int tambah(x,y)
{
    return x+y;
}

fungsi dengan 1 argumen:
       cetak(z)
       {
               printf("Hasilnya adalah: %d",hasil);
               system("pause");
               }
              
fungsi tanpa argumen
hello()
{
       printf("Hello World\n");
       system("pause");
}
  fungsi---->
  mendefinisikan fungsi
  namafungsi(argumen1,argumen2,)
  {
                                perintah;
                                perintah;
   }                                      




NOTE: JIKA ADA PERTANYAAN AJUKAN SAJA SAMA SAYA :D

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More